Bakung


Apa itu bakung?

Dari wikipedia disebutkan bahwa tanaman bakung merupakan bagian dari genus Lilium, nama tanaman ini dalam bahasa Inggris adalah lily. Ada sekitar 100 suku dalam keluarga bakung (Liliaceae).

Tanaman ini bisa menyesuaikan diri dengan habitat hutan, seringkali pegunungan, dan kadang-kadang habitat rerumputan. Beberapa mampu hidup di rawa. Pada umumnya tanaman ini lebih cocok tinggal di habitat dengan tanah yang mengandung kadar asam seimbang.

Bakung biasanya memiliki tangkai yang kokoh. Kebanyakan suku bakung membentuk umbi polos di bawah tanah. Di beberapa suku Amerika Utara dasar dari umbi ini berkembang menjadi rizoma.

Bunga bakung yang besar memiliki tiga daun bunga, acapkali wangi, dan terdapat dalam berbagai warna dari putih, kuning, jingga, merah muda, merah, ungu, warna tembaga, hingga hampir hitam. Terdapat pula corak berupa bintik-bintik.


Yang ini bagus banget!!!


Kenapa harus lili? Seperti yang sudah saya tulis di beberapa waktu yang lalu, mungkin karena terbiasa ya. Ada beberapa orang yang mengatakan "Cinta karena biasa." Itu pula yang terjadi kepada saya. Mencintai bunga lili sejak pandangan pertama. Setelah sering saya lihat pun saya tidak pernah merasa bosan. Rasanya ada sesuatu yang membuat saya selalu ingin memandang. Memang bunga lili memiliki beragam jenis. Ada yang berwarna merah, hijau, kuning. Tapi pilihan saya jatuh kepada bunga lili putih atau bahasa latinnya Lilium longiflorum. Warnanya lembuuutt banget. Hhaha. Ada yang mau ngasih? =p

Ternyata bunga lili memiliki banyak khasiat ajaib antara lain:
1. Membantu menyembuhkan dan menghilangkan bekas luka di kulit, misalnya luka bakar, luka akibat jatuh.Dan kelebihannya, Lily dapat menyembuhkan luka tanpa bekas.

2. Saponin pada umumnya terdapat pada umbi-umbian dan biji-bijian.

Saponin berfungsi untuk menghambat pertumbuhan kanker dan membantu mengatur kadar kolesterol.

Saponin ini juga terkandung di dalam Lily, itulah sebabnya beberapa produk kosmetik ada yang memanfaatkan bunga Lily untuk mencegah berkembangnya sel kanker di kulit (apalagi jika kulit terlalu sering terkena sorotan sinar matahari secara langsung).

3. Ekstrak bunga Lily dapat membantu menjaga kelembaban kulit, memberikan perawatan spesial bagi kulit kering, kulit iritasi dan kulit sensitif.

4. Polisakarida yang juga terkandung di dalam bunga ini termasuk dalam kelompok hidrokoloid, fungsinya membantu meningkatkan viskositas dan kestabilan kelembaban air yang ada di kulit.
Di dalam kulit, polisakarida ini menahan kadar air yang ada agar tetap berada dalam jumlah yang seimbang.

What next?


Post a Comment

0 Comments